EVENT - Grand Launching Jogja Muslimah Preneur

20.22
Assalamu'alaykum readers, disela-sela ujian tengah semester ini alhamdulillaah bisa menyempatkan untuk share. Posting kali ini saya akan membagikan ilmu yang saya dapat pada event hari (26 April 2015), Grand Launching Jogja Muslimah Preneur yang bertempat di hotel Crystal Lotus Jogja. Karena saya punya cita-cita ingin punya clothing line(yang sedang dirintis) maka diputuskanlah untuk mengikuti event ini dengan harapan bisa mendapatkan ilmu, pengalaman dari para narasumber. Narasumber kali ini adalah kak Fitri Aulia (owner dan designer KIVITZ), mbak Iffah (owner Sogan Batik dan President Jogja Muslimah Preneur), serta bunda Fahradi (pendiri Muslimah Modeling School Jogja). Pada hari ini jugalah diresmikan komunitas Jogja Muslimah Preneur yang para anggotanya adalah muslimah-muslimah yang memiliki usaha ataupun yang akan berencana memiliki usaha. 

Uber cuteeeeeeeeee
new buddy, with mbak Marissa



Personally saya sudah nge-fans banget sama Kak Fitri sejak beliau pertama kali blogging pada tahun 2010. Konteks yang beliau usung dalam brandnya adalah Syar'i dan Stylish yang menurut saya ketika tahun 2010 belum banyak para muslimah yang tampil syar'i namun terlihat stylish. Dari tahun ke tahun, dari koleksi ke koleksi saya selalu menunggu apa yang akan kak Fitri tuangkan dalam setiap desain baju-bajunya serta saya selalu antusias dengan perkembangan desain beliau yang semakin tekonsep dan ciamik. Sampai saat ini setiap kali saya bingung mau pakai baju seperti apa, blog Kak Fitri selalu menjadi salah satu altenative untuk steal her style hhee.. Sedangkan Mbak Iffah sendiri saya mengetahui beliau dengan Sogan Batiknya ketika pagelaran Jogja Fashion Week 2012. Ketika itu saya langsung jatuh cinta dengan desainnya yang simple dan etnik. Beliau membawakan nuansa batik ke dalam modest wear untuk para muslimah. Hal ini menjadi nilai tambah bagi Sogan Batik karena mereka mengkombinasikan antara culture yang bersifat everlasting dengan kaidah berpakaian menurut ajaran Islam. 



Kak Fitri - Mbak Iffah - MC


Talkshow kali ini dua narasumber membawakan materi yang menurut saya cukup menarik. Dimuali dengan materi yang disampaikan oleh kak Fitri mengenai brand Kivitz nya. Singkat cerita beliau memulai usaha clothing line ini dengan modal 4 juta rupiah bersama suaminya (Mulky Aulia) semenjak tahun 2010. Kak Fitri membagikan strategi bisnisnya yang terbagi menjadi empat tahapan. Tahap pertama adalah positioning dimana para owner wajib bin kudu untuk mampu meninggalkan kesan di benak para buyer/cutomernya dengan memiliki ciri khas yang akan mudah diingat oleh para calon pelanggan maupun pelanggan. Tahap ke dua adalah differensiasi dimana konten dan konteks  yang dihasilkan berbeda dengan brand lain.Maka dari itulah produksi-produksi yang diimplementasikan harus selaras dengan tagline yang diusung dalam tahap positioning. Tahap selanjutnya adalah komunikasi publik. Tahap ini memegang kunci keberhasilan wirausaha dalam pendistribusian produk-produknya. Pada era sekarang sosial media memiliki peran yang kuat dalam pemasaran, sebut saja Facebook, Twitter, LINE, whatsapp dan yang sedang happening kali ini adalah instagram. Singkatnya sosial media adalah cara yang tepat kali ini karena selain efisien dibiaya sosial media memiliki power tersendiri di tengah masyarakat yang ayoritas menggunakan gadget. Tahap keempat adalah membangun produksi/pengembangan produksi. Menurut kak Fitri tidak semua kerjaan perl kita tangani, yang terpenting adalah mengawasi setiap apa yang divisi lakukan sedang owner berfokus untuk memngembangkan produknya baik dari sisi konten maupun konteks. Tambahan lagi dari Kak Fitri tips untuk sukses dalam bisnis yaitu utamakan ridha keluarga, noted!




love her outfit as usual :)

Setelah kak Fitri setelah menyampaikan materinya kemudian dilanjut oleh Mbak Iffah. Mbak Iffah memulaiusahanya pada tahun 2001. Pada tahun 2001 beliau membidik pasar menengah ke atas namun harus gagal karena sempitnya pasar serta frekuensi pembelian tidak seperti yang diharapkan. Kemudian pada tahun 2004 Mbak Iffah mulai membidik pasarmengenha ke bawah dimana produk-produknya lebih seperti baju-baju yang dijual di Malioboro. Namun sayangnya usaha kali ini kembali gagal dikarenakan Sogan Batik kalah saing harga dengan pengusaha batik Pekalongan. Dalam kondisi terpuruknya Mbak Iffah sempat berniat untuk menutup Sogan Batik, namun Allaah berkehendak lain. Suatu hari Mbak Iffah diundang oleh sebuah yayasan bagi para diffable/penyandang cacat dan kali itu pihak yayasan meminta Sogan Batik untuk memperkerjakan 5 orang anak penyandang cacat. Namun Mbak Iffah menawarkan pelatihan kerja saja dan tidak mampu membayar gaji mereka sebesar upah minimum regional karena ketika itu Sogan Batik sedang lemah finansial dan pada akhirnya pihak yayasan memnyetujui. Seiring berjalannya waktu sejak kedatangan karyawannya yang diffable, berbagai tawaran, orderan datang dari berbagai penjuru. Disini saya menyadari point penting apa yang dialami mbak Iffah ketika itu yakni setiap kali kita memberi ataupun menolong orang yang membutuhkan maka Allaah akan melipatgandakan apa yang telah kita 'keluarkan' sebagai bentuk nikmat dariNya. Tidak ada satupun yang hilang ketika kita memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada orang lain setidaknya imbalan yang Allaah berikan akan segera digantikan nanti di surgaNya. Jadi ingat sebuah kalimat 'tidak semua kebenaran didunia terkuak, tidak semua keburukan akan tertapapa di dunia, maka dari itulah adanya hari pembalasan'.

Rasaya saya puas sekali dengan event kali ini, ilmu saya dapat dan teman baru pun saya temui.  Tambahannya lagi adalah alhamdulillaah dapet goodie bag yang banyak voucher plus dapet door prize *rejeki akhir bulan untukk anak rantau wkwkwkwk* Awalnya saya ragu untuk mengikuti acara ini soalnya saya sendirian mengikuti acara, tanpa teman seperti biasanya. Tapi ternyata it's fun, keluar dari zona aman saya ternyata mengesankan. Hmm, I am waiting for another next experiencess. See you in my next post what I wore in this event..

Akhirnya, pepoton sama Kak Fitri :D

we were in black *yay*



Salaam:))



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.